Kementerian Pariwisata Optimis Raih Pasar Australia dan New Zealand dalam Sales Mission 2018.

GATRADEWATA.COM || Sanur, 9 Mei 2018.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) gencar dan aktif melakukan langkah-langkah besar demi tercapainya target kunjungan wisatawan dari sektor pariwisata pada tahun 2018 yaitu 1,35 juta dengan berbagai strategi, diantaranya melakukan famtrip dengan mengundang fotographer luar negeri ke Indonesia pada bulan Maret-April serta mendukung kegiatan sales mission (BTB) seperti saat ini, demikian hal ini disampaikan Ibu Adela, Assistant Deputi Regional IV Pasar Australia Kementerian Pariwisata dalam pertemuan teknis dalam sesi wawancara. Konsentrasi tidak hanya di Bali saja namun untuk 3 destinasi wisata lainnya seperti Danau Toba, Mandalika Lombok dan Candi Borobudur Jogjakarta. Berbagai usaha dilakukan demi mendatangkan banyak wisatawan asing dari seluruh negara di dunia ke Indonesia khususnya dari negara Australia dan New Zealand tapi tentu saja dengan tidak mengabaikan wisatawan dalam negeri sendiri.

Dan pada hari Rabu tanggal 9 Mei 2018 dengan mengundang sejumlah media cetak dan media online telah berlangsung pertemuan teknis untuk misi penjualan dan promosi pariwisata ke Australia dan Selandia Baru 2018 di Ruang Puri Naga Hotel Puri Santrian Sanur Bali. Misi diikuti oleh 16 delegasi berasal dari Pulau Bali, Lombok dan Jogjakarta dengan target 70-90 retail agent di setiap kota yang dikunjungi. Misi dilakukan dengan memberikan informasi ke pasar Australia dan New Zealand bahwa Bali sudah aman pasca erupsi Gunung Agung dan tidak seperti pemberitaaan buruk yang selama ini gencar diekspos. Pertemuan teknis ini membicarakan perihal koordinasi dan kesiapan masing-masing delegasi, persiapan keberangkatan dan pulang, persiapan akomodasi, program kerja, hal yang harus dilakukan dan tidak selama sales mission 2018 di 4 kota yaitu Sydney, Melbourne, Auckland dan Perth.

Misi ini adalah bekerjasama dengan seluruh whole seller yang ada di Australia dan New Zealand seperti Flight Center, Infinity Holidays, Asia Escape Holidays, Hello World, STA, Go Holidays, House of Travel dan didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan PT. Garuda Indonesia untuk penerbangan delegasi ke Australia dan Air New Zealand serta Emirates Airlines untuk penerbangan selama di New Zealand. Nantinya seluruh delegasi berkesempatan bertemu mitra-mitra agent yang ada di Sydney, Melbourne, Auckland dan Perth yang menjadi kota tujuan. Dan seluruh delegasi akan berangkat dari bandara Internasional Ngurah Rai pada hari Sabtu tanggal 11 Mei 2018 dengan dipimpin oleh Bapak Gufron, Managing Director Alpha Hotel Management dan Bapak Kharisma Wijaya, General Manager Segara Village Hotel Sanur.

Dalam kesempatan wawancara, Bapak Gufron menginformasikan bahwa seluruh delegasi dan Kementerian beserta PT. Garuda Indonesia dan Air New Zealand akan melakukan presentasi, one on one, table top, ke semua Product Manager di 4 kota yang dikunjungi untuk meningkatkan tingkat hunian kamar. Dan menjadi momentum yang menguntungkan berkaitan dengan program ini bahwa mulai April-Oktober 2018, Air New Zealand terbang langsung ke Denpasar dari Auckland disusul Emirates Airlines pada 15 Juni 2018 mendatang yang juga akan terbang langsung ke Denpasar dari Auckland. Sementara itu, Bapak Kharisma menambahkan yang utamanya adalah bahwa misi ini sangat menguntungkan bagi industri dan pemerintah sendiri. Berkaitan dengan Air New Zealand dan Emirates Airlines terbang ke Denpasar akan menjadi peluang besar mendatangkan banyak wisatawan asal New Zealand khususnya ke Bali. <ydj>