Bendungan Sidan untuk Empat Kabupaten/Kota

Satuan Kerja (Satker) Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi(PAMS) Provinsi Bali Ida Bagus Lanang Suardana

Satuan Kerja (Satker) Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi(PAMS) Provinsi Bali Ida Bagus Lanang Suardana


GATRADEWATA-Satuan Kerja (Satker) Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi(PAMS) Provinsi Bali Ida Bagus Lanang Suardana mengungkapkan, bendungan Sidan yang direncanakan akan dibangun pada tahun 2017, akan menghasilkan air baku sebesar 1.750 liter/detik yang dimanfaatkan untuk empat Kabupaten/Kota.

“Air baku sebesar 1.750 liter/detik ini, akan dimanfaatkan untuk wilayah selatan, di empat Kabupaten/Kota, yakni; Gianyar, Badung, Tabanan dan Denpasar.” Kata IB Lanang. Jumat 05/02/2016.

Bendungan Sidan memanfaatkan anak sungai Ayung yang berlokasi di Desa Bilok Sidan Kecamatan Petang Kabupaten Badung ini, seluas 50 ha dengan nilai proyek kurang lebih Rp. 500 milyar.

“Lokasinya di pertemuan tiga Kabupaten, yakni Badung, Bangli dan Gianyar.” Tambah IB Lanang.

Selain untuk air baku, pembangunan bendungan yang dilaksanakan secara secara multy years dengan target empat tahun ini, juga dimanfaatkan untuk irigasi dan listrik dengan daya sebesar 1,1 megawath.

Satuan Kerja (Satker) Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi(PAMS) Provinsi Bali sendiri telah berhasil membangun kebutuhan air bersih sebesar 80 persen dari target MDGs sebesar 75 persen. Dimana target tersebut dipenuhi ditahun 2015 kemarin.

ALT