Gatra Dewata

Ringan, Cerdas dan Tajam

Audensi Yayasan Bakti Pertiwi Jati dengan Wakil Bupati Tabanan

GATRADEWATA.COM||
Wakil Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.,MM., Senin (18/3) di ruang kerjanya menerima audiensi pengurus Yayasan Bakti Pertiwi Jati (BPJ). Adapun pengurus BPJ yang menghadap orang nomer dua di Tabanan tersebut dipimpin langsung keduanya I Made Bakti Wiasa didampingi pengawas Mangku Made Sara Yoga, dua seniman kawasan Tabanan yakni I Nyoman “Sengap” Ardika dan Putu “Ajus” Purnawan serta beberapa pengurus BPJ lainnya.

Dihadapan orang dua di Tabanan tersebut ketua Yayasan BPJ I Made Bakti Wiasa mengungkapkan tentang keberadaan dan aktivitas yayasan yang dipimpinnya. Yakni mengkampanyekan pelestarian warisan – warisan budaya leluhur. Terutama warisan berupa bangunan-bangunan fisik.

Bhakti Wiasa menjelaskan, adapun tujuan utama dari kampanye dan upaya pelestarian warisan budaya leluhur terutama warisan dalam bentuk bangunan fisik atau situs ini tiada lain karena dalam warisan-warisan tersebut memuat sejarah panjang. Selain juga memuat pesan-pesan tertentu dari jamannya yang semestinya dimaknai atau sebagai bahan pembelajaran bagi generasi kini dan generasi-generasi berikutnya.

Senada dengan Bakti Wiasa, penasehat Yayasan BPJ Mangku Made Sara Yoga menyebutkan bahwa keberadaan BPJ secara kongkrit ingin mengajak semeton Bali untuk menghargai jejak bijak leluhur Bali melalui situs-situs yang masih ada. Terkait dengan ini ia berharap agar semeton Bali tidak gampang menghancurkan bangunan kuno terutama pura-pura yang bangunan pelinggihnya berusia tua hanya karena alasan renovasi semata.

Mangku Sara Yoga juga menyoroti tentang kegigihan semeton Bali dalam menggelar ritual atau meyadnya. Namun ia menyayangkan dibalik kegigihannya meyadnya tersebut terkesan kurang diimbangi dengan penguatan tatwa.

“Rekontruksi warisan budaya leluhur ini sangat keren,” puji Wabup Dr. Sanjaya terhadap keberadaan dan fokus kegiatan yang dilakukan pengurus BPJ.

Wabup Dr. Sanjaya mengatakan ibarat kue, sejarah perjalanan Bali seperti sepotong kue lapis. Yakni jaman pra sejarah hingga jaman penjajahan dan beberapa masa lainnya. Pada masa penjajahan tersebut ada banyak nilai sejarah yang hilang atau terpotong.

“Saya lihat, BPJ ini memiliki misi yang luar biasa untuk mengembalikan nilai-nilai sejarah Bali yang telah terlupakan. Saya sangat mendukung misi BPJ ini,” sebutnya.

Sebagai bentuk dukungannya tersebut, Wabup Dr. Sanjaya siap bekerja sama dengan BPJ untuk menggelar kegiatannya di Tabanan. Bahkan orang nomer dua di Bumi Lumbung Beras ini juga siap mensuport kegiatan pameran yang digelar BPJ di Denpasar pada bulan April nanti.
Sumber: balipuspanews
( INN.W)

2 thoughts on “Audensi Yayasan Bakti Pertiwi Jati dengan Wakil Bupati Tabanan

Comments are closed.