Gatra Dewata

Ringan, Cerdas dan Tajam

328 Siswa-siswi di SMK PGRI 1 Badung Laksanakan UKK

Dr. Drs. I Gede Made Putrawiaja, SH., M.Si., Kepala Sekolah SMK PGRI 1 Badung
Dr. Drs. I Gede Made Putrawiaja, SH., M.Si., Kepala Sekolah SMK PGRI 1 Badung

GATRADEWATA-Sebanyak 328 siswa-siswi kelas XII di SMK PGRI 1 Badung yang terdiri dari tiga jurusan, yakni; Tata Boga, Akomodasi Perhotelan dan Teknologi Informatika, telah selesai mengikuti Ujian Kopetensi Keahlian(UKK).

Dr. Drs. I Gede Made Putrawijaya, SH., M.Si, menyampaikan, UKK tersebut berlangsung selama enam hari terhitung dari Senin tanggal 22 Pebruari sampai dengan Sabtu 27 Pebruari 2016.

“UKK ini untuk mengukur para siswa-siswi tentang pengetahuan yang telah diberikan oleh guru dan apakah sudah dapat diimplementasikan dalam bentuk praktek. UKK ini merupakan satu integral dari suatu proses yang terlaksana selama tiga tahun di SMK dan ujian ini adalah tolak ukur untuk mengetahui sejauh mana ketrampilan yang selama ini diberikan oleh para guru.” Kata Putrawijaya.Sabtu, 27/02/2016.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sekolah yang dipimpinnya memiliki tiga indikator yang diberikan oleh guru kepada peserta didik, yakni: pengetahuan, penanaman sikap dan ketrampilan.

“Di SMK, seharusnya UKK lah yang menjadi tolak ukur. Dan selama ini, inilah yang kami tuntut. Mengingat di sekolah kejuruan mempunyai tufoksi untuk mendidik lulusan sebagai tenaga siap kerja.” Seraya menjelaskan bahwa sebelum UKK, pihak sekolah juga melaksanakan pra UKK selama seminggu.

Chiken Stuffid Breast with Vegetable and Masrhoom Sauce buatan Sri Rahayu
Chiken Stuffid Breast with Vegetable and Masrhoom Sauce buatan Sri Rahayu

Dalam UKK ini, Akomodasi Perhotelan melaksanakan ujian tata graha di kantor depan, Jasa Boga melakukan praktek tata hidangan dan TI melaksanakan di hanya satu ruangan. Sedangkan untuk penilaian dari ujian ini, pihak sekolah mendatangkan team dari external sekolah yakni PHRI untuk jurusan AP dan Tata Boga dan TI dari asosiasi teknologi. Dimana para penilai tersebut telah memiliki pengalaman dan sertifikat asesor.

“Team penilai ini telah memiliki SP3 dan benar-benar mengetahui betul standar tentang penilaian serta indikatornya. Jadi guru yang mengajar yang disebut guru internal hanya mendampingi dalam ujian ini.” Tegasnya.

Ni Ketut Sri Rahayu salah satu peserta Ujian Kopetensi Keahlian
Ni Ketut Sri Rahayu salah satu peserta Ujian Kopetensi Keahlian

Sementara Ni Ketut Sri Rahayu salah satu siswi dari jurusan TB 3 mengatakan bahwa mempersiapkan dirinya untuk menghadapi UKK selama tiga bulan, khususnya untuk membuat display. Dimana dalam ujian praktek ini, ia membuat makanan yakni Chiken Stuffid Breast with Vegetable and Masrhoom Sauce.

“Yang tersulit yakni membuat vegetable skrip untuk garnish, karena tipis dan harus melingker. Garnish ini untuk mempercantik makanan agar menarik sehingga selera makan menjadi bertambah.” Kata siswi asal Abian Semal Badung ini.

UKK di SMK PGRI 1 Badung berlangsung dengan lancar tanpa ada kendala, mengingat pihak sekolah telah mempersiapkan fasilitas dalam menempuh ujian ini. Termasuk bahan untuk praktek telah dipersiapkan dan kesemua perlengkapan tersebut tanpa ada pembayaran dari siswa alias gratis.
Alt