Apa Itu Demonstrative Pronoun?

GatraDewata.Com – Sesuai dengan penyebutannya bahwa ‘demonstrative pronoun’ merupakan kata ganti yang digunakan untuk menunjukkan, mengindikasikan ataupun mepresentasikan – baik benda yang dekat maupun jauh dan sifatnya spesifik. Kenapa dibilang spesifik, karena pada umumnya jarang sekali benda yang kita maksud menyendiri. Pastinya ada benda lain diluar yang menyertainya.

Nah, pada penggunaannya sehari hari, demonstrative pronoun ini biasa juga digunakan untuk menunjukkan benda dalam bentuk tunggal maupun jamak.

Hanya ada dua penyebutannya yaitu: this dan that, dimana jika ia hadir dalam bentuk jamak maka this akan berubah menjadi these dan that menjadi those.

Berikut contoh dasar yang bisa anda gunakan sebagai acuan:

  • This is my shoes > ini sepatu saya; anda sedang menunjukkan sepatu yang ada di dekat anda.
  • That is Tamoo’s bag > itu tasnya Tamoo; anda sedang menunjukkan sebuah tas milik tuan Tamoo yang jauh dari diri anda.
  • These chairs are all broken > kursi – kursi ini semuanya patah; anda sedang menunjukkan bahwa kursi > kursi dekat anda semuanya patah.
  • Those white chairs are in good condition > kursi – kursi putih itu dalam kondisi bagus; anda sedang menunjukkan bahwa kursi – kursi berwarna putih yang jauh dari ini dalam kondisi ang bagus.

“Sekali lagi, this/these untuk dekat dan that/those untuk jauh. Namun pertanyaannya, seberapa dekat atau jauhkah benda tersebut bisa dibilang dekat/jauh?”

Jadi gini, semua benda yang bisa anda gapai dengan tangan anda bisa dikategorikan sebagai dekat dan benda tersebut layak mendapat gelar this/these. Dengan kata lain, semua benda yang ada di luar jangkauan anda maka benda tersebut layak dimasukkan pada zona jauh, dan berhak dengan gelar that/those.

Sesederhana itu, bro & sist.

Mau contoh lagi?

Look at this picture!

Please remove those glasses from my table and keep it in the store room!

Which of those bikes do you like best?

Are these chocolate for free?

Jangan lupa, these/those merupakan kata ganti bentuk jamak (plural) jadi musti diikuti oleh kata benda dalam bentuk jamak pula. Itulah kenapa kata ‘those’ diikuti oleh ‘bikes’ – bukan ‘bike.’ <swn>

Ilustrasi oleh www.toondoo.com