Whose, Whom, Which: Kapan Digunakan?

GatraDewata.Com – Kita menggunakan interrogative pronouns untuk mengajukan pertanyaan. Bentuk kata ganti ini mewakili sesuatu yang kita tidak ketahui (apa yang kita pertanyakan).

Ada empat bentuk interrogative pronouns: who, whom, what, which.

Ketahuilah bahwa kata ganti milik ‘whose’ bisa juga berlaku sebagai kata ganti interrogative (an interrogative possessive pronoun).

Ingat bahwa ‘whom’ merupakan bentuk yang tepat ketika kata gantinya merupakan object daripada  kata kerjanya, sebagaimana dalam kalimat “Whom did you meet?” Namun, biasanya, pada prakteknya sehari hari kita sangat jarang menggunakan ‘whom.’ Kebanyakan native speaker akan mengatakan (atau bahkan menulis): “Who did you meet?”

Lihatlah contoh berikut ini. Pada jawaban atas pertanyaan tersebut, frase kata benda yang bertindak sebagai interrogative pronoun ditampilkan dengan penebalan huruf (bold).

Silakan dicatat bahwa kita kadang – kadang menggunakan imbuhan (suffix) “-ever” untuk membuat kata majemuk (compound) dari salah satu dari kata ganti berikut (terutama whoever, whatever, whichever). Ketika kita tambahkan “-ever”, kita menggunakannya untuk penekanan/penegasan, namun sering untuk menunjukkan kebingungan ataupun sikap kaget.

Perhatikan contoh berikut:

Whoever would want to eat such a nasty food?

They’re all beautiful! Whichever will you choose?

Photo courtesy: pinterest.com <swn>