Mau Hilangkan Nyeri? Ini Dia Klinik Terapi Nyeri

Ilustrasi, foto; IST

Ilustrasi, foto; IST


GATRADEWATA.COM | BIMC Siloam Nusa Dua secara resmi membuka fasilitas perawatan baru, yaitu BIMC Pain Clinic (Pain Clinic). Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan BIMC Siloam Nusa Dua, dr. Hermes Santosa mengungkapkan, fasiltas ini merupakan penanganan nyeri yang komperhensif.

“Ini untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Bali terhadap pelayanan kesehatan terapi nyeri,” katanya di Nusa Dua.

Lebih lanjut menyampaikan, fasiltas di BIMC Siloam Nusa Dua ini, juga ditunjang dengan alat diagnostik yang modern dan juga ditunjang dari spesialisasi.

Dimana pusat pelayanan ini, terletak di kawasan ITDC Nusa Dua, dapat membantu penanganan berbagai jenis problema rasa nyeri, baik akut maupun kronis.

Adapun nyeri yang dapat ditangani, mulai dari nyeri pinggang, lutut, arthritis, nyeri kepala kronis, leher, sciatica, nyeri sarap, dan complex regional pain syndrome (CRPS).

Sementara dr. Cindy Henrietta Nasrani, SpAN, spesialis anestesi dan nyeri BIMC Siloam Nusa Dua memaparkan, metode yang digunakan dalam penanganan terhadap nyeri pada pasien, meliputi diagnosis penyebab nyeri, meliputi pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang, diskusi pasuruan mengenai keuntungan dan kerugian terapi yang dipilih, koordinasi perawatan kriptografi melihat akan lebih dari satu orangtua dokter, tindakan intervensi dan terakhir memorinya perawatan lanjutan pasien.

“Metode pain management dikoordinir oleh spesialis nyeri dan kondisi tertentu bisa mencakup pendekatan multidisiplin dari berbagai spesialis, misalnya spesialis bedah tulang, spesialis anestesi dan nyeri, spesialisasi neurologi dan spesialisasi rehabilitasi medis,” jelasnya.

Semua spesialis dalam hal ini, lanjutnya, mempunyai prinsip yang sama dalam menghadirkan pelayanan bentuk konsultasi dan terapi pengobatan bagi pasien pendirinya nyeri dengan berorientasi pada kesembuhan pasien.

BIMC Pain Clinic, ke depan tidak hanya sebagai klinik pengobatan. Akan tetapi sebagai tempat konsultasi masyarakat seputar nyeri dan penyembuhannya dengan mengedepankan kualitas, dan juga menumbuhkan kesadaran bahwa problema nyeri akur dan kronis memerlukan terapi menyeluruh sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.

RLS