Lestarikan Budaya Bali, Grisda Gelar Gebyar Budaya

Lurah Sumerta didampingi Kepala Sekolah meninjau lomba ngelawar, di SMP PGRI 2 Denpasar, Jumat (18/08/2017).

Lurah Sumerta didampingi Kepala Sekolah meninjau lomba ngelawar, di SMP PGRI 2 Denpasar, Jumat (18/08/2017).


GATRADEWATA.COM-SMP PGRI 2 Denpasar (Grisda) kembali menggelar Gebyar Budaya dalam memperingati hari Saraswati.

Kegiatan rutinitas tahunan yang melibatkan seluruh warga sekolah ini, berlangsung dengan mengadakan lomba ngelawar, membuat pejati, canangsari serta kegiatan yang lainnya.

“Semua yang dilombakan dalam Gebyar Budaya ini merupakan kegiatan budaya yang menopang kegiatan upacara agama Hindu di Bali,” kata Kepala SMP PGRI 2 Denpasar, I Gede Wenten Aryasuda, di sekolahnya, di Denpasar. Jumat (18/08/2017).

Lebih lanjut menambahkan, kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari. Dimana diikuti kelas IX yang dibagi menjadi 11 kelompok.

“Gebyar Budaya menjadi program unggulan yang berlansung pada H-1 Hari Saraswati dan juga serangkaian memperingati HUT Kota Denpasar,” lanjutnya.

Menurutnya, lomba ngelawar tersebut, bertujuan agar tradisi ini tidak punah. Apalagi setiap ada upacara yadnya khususnya mecaru, bisa dipastikan harus ada lawar sebagai sarana banten.

“Jadi melalui Gebyar Budaya ini, budaya Bali tidak punah. Maka lomba ngelawar tetap dilaksanakan, untuk memberikan pelatihan pada anak-anak,” ujarnya.

Sementara Lurah Sumerta, Made Tirana yang hadir dalam acara ini mengapresiasi kegiatan rutin sekolah tersebut.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali. Apalagi di tengah kemajuan teknologi. Mudah-mudahan kegiatan ini tetap berlanjut,” katanya.

Melalui kegiatan ini, tambahnya, anak-anak menjadi terbiasa dan sadar tentang pentingnya melestarikan budaya. Sehingga mereka tidak salah arah seiring kemajuan teknologi.

“Dengan kegiatan ini, karakter anak-anak itu secara otomatis berubah. Disamping kemajuan teknologi, mereka tidak lupa dengan budayanya sendiri,” tutupnya.

Untuk diketahui, Gebyar Budaya SMP PGRI 2 Denpasar sendiri merupakan event rutinitas budaya yang dilaksanakan menjelang Hari Saraswati/hari turunnya ilmu pengetahuan.

Selain itu, sekolah yang terletak di wilayah Denpasar Timur juga memiliki program unggulan lainnya. Diantaranya Grisda Computer Championship (GCC) dan Grisda Art Championship (GAC), serta event menarik lainnya.

Alt