Chef Ini Olah Kecombrang Menjadi Masakan Prancis

Chef Chris Salans

Chef Chris Salans


GATRADEWATA – Chef Mozaic Restaurant, Chris Salans, menjadikan kecombrang alias bongkot sebagai salah satu bahan lokal yang diolah menjadi masakan Prancis dalam Festival Internasional Cita Rasa Prancis yang akan dilaksanakan serentak di seluruh dunia pada 21 Maret 2017 mendatang.

“Bongkot dalam festival kuliner Prancis ini diolah tentunya dengan teknik cara memasak serta penyajian ala Prancis,” kata Chris Salans dalam jumpa pers di Spice Restaurant jalan Danau Tamblingan Sanur Denpasar Bali. Jumat, 10/3/2017.

Chris menceritakan pengalamannya saat mengikuti festival kuliner di Jerman beberapa waktu lalu. Ia berangkat dari Bali dengan membawa bumbu seperti kecombrang, jeruk purut, keluwek serta berbagai bumbu rempah tradisional. Sementara peserta lainnya lengkap membawa berbagai bahan masakan moderen.

“75 persen orang yang hadir dalam festival itu menyukai dan mengapresiasi masakan yang saya buat,” kata Chris seraya mengatakan kunci dari kesuksesan mengolah bahan makanan, yakni memasak dengan seimbang dan kerja dari hati.

Direktur Alliance Francaise Bali, Amandine Salmon mengatakan, tahun ini di Indonesia festival tersebut serentak di laksanakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya serta Bali dengan peserta sebanyak 36 restoran. Di Bali sendiri ada enam restauran yang akan mengikuti festival ini. Yakni Capris Beachfront Bar & Restaurant, CasCades Restaurant, Cut Catch Cucina, Jimbaran Garden Intercontinental Bali Resort, Mozaic Restaurant dan Teatro Gastroteque.

“Jumlah peserta tiap tahun terus meningkat dari festival pertama yang hanya satu restauran, kemudian ke dua lima peserta dan sekarang bertambah satu menjadi enam restauran,” kata Amandine seraya menambahkan, festival ini untuk memperingati tradisi gastronomi Prancis yakni budaya makan ala negeri menara Eipel ini. (Gas)